Minggu, 11 April 2010

Kode etik Sarjana Teknik Mesin ( Tugas Bulan April minggu 1)

Kelak natinya setelah saya lulus sebagai sarjana teknik mesin Universitas gunadarma,dan mendapatkan embel2 ST dibelakang nama depan saya,saya akan memulai kehidupan baru sebagai seorang insinyur, dan apabila nanti saya akan menjadi seorang insinyur,yang mempunyai perkumpulan atau organisai international yang cukup kuat yaitu IEEE (institut of electrical and electronic engineer).
Dan ternyata yang membuat saya kagum IEEE mempunyai kode etik tersendiri dari para anggotanya, Kode etik yang seharusnya membuat dunia indah karena ujung tombak perusahaan dan perkembangan dunia terletak ditangan para punggawa-punggawa IEE nantinya , kode etik yang saya akan junjung tinggi apabila kelak menjadi slah satu anggota IEEE.
Kode etiknya adalah ( sengaja saya publish kedalam bahasa Indonesia semoga para pembacanya dapat memahami nya).
Kami anggota IEEE dalam pengenalan akan pentingnya teknologi kami dalam mempengaruhi kualitas kehidupan diseluruh dunia dan dalam penerimaan diseluruh dunia dan dalam penerimaan kewajiban kami dari profesi kami, anggota-anggotanya dan masyarakat yang kami layani dengan ini kami menyatakan diri terikat pada perilaku etis dan professional tertinggi dan setuju.
1. Menerima tanggung jawab dalam pengambilan keputusan engineering,yang taat azas pada keamanan,kesehatan dan kesejahteraan public dan segera menyatakan secara terbuka factor-faktor yang dapat membahayakan public atau lingkungan.
2. Menghindari konflik interest atau yang terperkirakan sedapat mungkin dan membukakanya pada para pihak yang terpengaruh ketika muncul.
3. Akan jujur dan realistis dalam menyatakan klaim atau perkiraan menurut data yang tersedia.
4. Menolak sogokan dalam segala bentuknya.
5. Mengembangkan pemahaman teknologi, aplikasi yang sesuai dan kemungkinan konsekuensinya
6. Menjaga dan mengembangkan kompetensi Teknis dan mengambil tugas teknologi yang lain hanya bila memiliki kulaifikai melaului pelatihan atau pengalaman ,ayau setelah menyatakan secara terbuka keterbatasan relavansi kami.
7. Mencari menerima dan menawarkan kritik pekerjaan teknis,mengakui dan memperbaiki,keslahan dan mengharagai selayaknya kontribus orang lain.
8. Memberlakukan dengan adil semua orang tanpa bergantung pada factor-faktorseperti ras,agama,jenis kelamin,keterbatasan fisik,umur da nasal kebangsaan.
9. Berupaya menghindari kecelakaan pada orang lain,milik ,reputasi atau pekerjaan dengan tindakan salah satu maksud jahat.
10. Membantu rekan sejawat dan rekan sekerja dalam pengembangan profesi mereka dan mendukung mereka dalam mengikuti kode etik ini.
Saya akan mulai mengaplikasikan ke 10 poin ini mari teman-teman engineer,kita junjung tinggi kode etik ini mulai dari sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar